Tips Mengurangi Gejala Flu pada Anak

Musim kemarau telah tiba, tapi jangan salah meskipun siang hari terik matahari menyilaukan mata dan membuat suasana ruangan menjadi lebih panas, pada malam hari suhu terasa sangat dingin. Apalagi dikala dini hari menjelang pagi, semua badan menjadi menggigil. Namun, tiba-tiba beberapa hari kemudian hujan turun disertai angin kencang. Di saat musim yang tidak stabil ini atau pancaroba, mulai banyak bakteri dan kuman yang bertebaran. Tubuh kehilangan sistem imunnya, sehingga bakteri mudah masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu banyak orang yang terserang penyakit salah satunya adalah flu.

Daya Tahan Tubuh Melemah

Tubuh akan memproduksi lebih banyak lendir akibat bakteri yang masuk, karena lendir yang merupakan cairan bakteri tersebut harus dikeluarkan, maka terjadilah flu. Gejala flu biasanya terlihat dari orang tersebut yang mudah sekali bersin. Meskipun penyakit flu bukan penyakit yang susah untuk disembuhkan tetapi tak salah untuk mencoba mengurangi gejala tersebut.

Melengkapi Nutrisi Dengan Makanan Sehat

Daya tahan tubuh yang berkurang salah satunya disebabkan oleh nutrisi dalam tubuh yang kurang lengkap. Hal tersebut akan membuat tubuh menjadi lemah terhadap virus, sehingga mudah terserang penyakit. Flu menjadi penyakit yang paling sering diderita ketika seseorang memiliki imun yang lemah.

Oleh karena itu, untuk mengurangi gejala flu ada baiknya untuk lebih banyak mengonsumsi makanan sehat. maksud dari makanan sehat adalah makanan yang mengandung banyak gizi seperti sayuran, ikan, tahu, tempe, daging, dan masih banyak lagi. makanan sehat bukan berarti mahal, cobalah untuk menambah porsi makan dan vitamin untuk memperkuat daya tahan tubuh

Istirahat Yang Cukup

Selain melengkapi tubuh dengan nutrisi, tubuh juga butuh istirahat. Seperti mesin yang terus dipaksa untuk bekerja, tentunya lama kelamaan akan rusak. Sama halnya dengan tubuh manusia yang memerlukan istirahat. Tidurlah yang cukup kira-kira kurang lebih selama 8 jam agar tubuh dapat lebih fresh kembali. Usahakan untuk tidak bergadang hingga pagi hari dan jangan terlalu banyak tidur, keduanya juga dapat memicu penyakit dan efek tidur seperti itu juga membuat tubuh menjadi lebih buruk.