Tips Cerdas dalam Investasi Emas

emas

Tidak mungkin ada seseorang yang tidak menyukai emas di dunia ini. Emas yang memiliki bentuk yang beraneka ragam, serta harga yang cukup tinggi menyebabkan emas dicintai banyak orang terlebih lagi para wanita yang gemar mengoleksi perhiasan. Tidak hanya itu saja, emas ternyata bisa dijadikan sebagai barang investasi atau biasa disebut sebagai investasi emas. Dimana emas ini nantinya bisa di tukarkan menjadi uang. Biasanya emas yang diinvestasikan adalah emas batangan. Sekarang juga sudah lumayan banyak tempat yang menyediakan tempat untuk melakukan investasi emas seperti di pegadaian.

Emas yang kita kenal bisa diinvestasikan ternyata memiliki benefit yang cukup banyak untuk kita. Selain bentuknya dan harganya yang cukup tinggi, investasi emas memang sudah menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk kaya raya. berikut ini beberapa benefit yang dapat kita dapatkan dari investasi emas:

  1. Melindungi Nilai Kekayaan

Dengan harga emas yang selalu meningkat, membuat kita tidak akan perlu khawatir jika investasi emas dapat membuat kita kehilangan kekayaan kita. Justru emas ini bisa mempertahankan nilai kekayaan yang kita miliki. Tidak seperti perhiasan lainnya, emas cenderung tidak pernah turun harganya tetapi bisa saja harganya stabil.

  1. Mudah Dicairkan

Jika biasanya investasi lain agak susah untuk mencairkannya atau hanya bisa diklaim pada waktu-waktu tertentu, namun, investasi emas cenderung tidak. Emas bisa dicairkan dengan mudah menjadi uang tunai. Apalagi, waktu pencairannya juga terbilang paling singkat dan fleksibel juga.

  1. Bebas Pajak

Siapa yang tidak senang ketika mendengar sesuatu bebas pajak? Yup! Investasi emas merupakan investasi yang bebas pajak. Karena investasi lain biasanya tidak secara langsung mudah dinikmati oleh para pemegang investasinya.

Kelemahan Dari Investasi Emas

Ketika Anda tertarik untuk melakukan investasi emas hanya karena tiga benefit yang bisa didapatkan, harusnya Anda juga lebih peduli dengan kelemahan pada investasi jenis ini. Kelemahannya bisa saja lebih banyak daripada benefitnya. Berikut ini beberapa kelemahan jika Anda melakukan investasi emas:

  1. Investasi Jangka Panjang

Jika Anda menginginkan pencairan dengan cepat berarti emas bukanlah pilihan terbaik. Karena emas adalah investasi jangka panjang. Meskipun harganya mahal bukan berarti seorang investor akan mendapatkan untung yang besar juga. Apalagi, barang seperti emas tidak bisa meningkat tiap tahunnya. Hal inilah yang makin membuat emas tidak bisa dijadikan investasi jangka pendek.

  1. Harganya Flukatif

Flukatif disini maksudnya adalah harga emas tidak mudah meningkat. Memang benar jika emas memiliki harga yang cukup tinggi tetapi harganya cenderung tidak selalu meningkat setiap tahunnya. Bahkan harganya cenderung stabil segitu-gitu saja.

  1. Mudah Hilang

Yup! Memiliki emas di dalam rumah, memiliki risiko kehilangan yang tinggi. Tidak seperti investasi lainnya, emas yang digunakan atau emas batangan yang disimpan di dalam rumah dijamin berisiko akan kehilangan.