Tiba-Tiba Anak Mengalami Sesak Napas?

Pernahkah Anda terbangun di malam hari karena anak yang tiba-tiba sesak nafas? Jika memang mereka memiliki penyakit gangguan saluran pernafasan, hal ini akan menjadi hal yang biasa. Dini hari akan menjadi hal yang paling menyakitkan bagi penderita karena suhu udara meningkat.

Pertolongan Pertama Mengatasi Anak Yang Sesak Napas

Tak mungkin juga kan, Anda harus membawanya ke dokter di pagi buta? Untuk itu, Anda harus tahu bagaimana pertolongan pertama yang harus Anda lakukan ketika anak sesak nafas. Berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan:

  1. Cari tempat nyaman

Ketika anak Anda mulai sesak nafas, Anda harus mencari tempat yang nyaman terlebih dahulu. Anda bisa menanyakan kepada mereka apakah mereka sudah merasa nyaman atau belum. Bila perlu, Anda bisa membawanya ke ruangan lain untuk mendapatkan kenyamanan terlebih dahulu. Tentunya, hal ini bertujuan untuk mengembalikan kondisi mereka.

  1. Posisikan anak untuk bersandar

Setelah itu, Anda bisa langsung memosisikan mereka untuk setengah duduk atau duduk. Anda bisa menyandarkan mereka dengan menggunakan bantal agar mereka merasa lebih nyaman. Anda perlu tahu bahwa posisi tidur akan menyumbat saluran pernafasan sehingga sesak nafasnya akan menjadi lebih parah lagi. Untuk itu, dudukkan segera.

  1. Jangan panik

Ketika anak mulai kambuh sesak nafasnya, Anda tidak boleh panik. Ketika Anda sendiri merasa panik, anak Andapun akan terasa lebih tidak nyaman dan bisa lebih parah. Untuk itu, Anda harus menenangkan mereka dan mengajaknya berbicara sehingga lambat laun mereka akan pulih.

  1. Pijat

Jangan lupa untuk melonggarkan pakaian yang dikenakannya agar mereka bisa bernafas dengan lega. Selain itu, Anda bisa memijat daerah syaraf paru-paru yang terletak diantara jari jempol dan telunjuk kaki. Pijatlah secara perlahan-lahan untuk meringankan sesak nafas yang dideritanya.

Setelah Anda melakukan serangkaian pertolongan pertama di atas, Anda bisa memeriksakannya ke dokter. Untuk itu, sangat penting untuk Anda mengetahui pertolongan pertama untuk meredakan sesak nafas yang diderita oleh anak-anak.