Mengirim Dokumen Via Ekspedisi? Ini Yang Harus Diperhatikan

Di era kemajuan teknologi seperti saat ini, kegiatan surat menyurat memang sudah tidak seramai pada waktu dulu. Sebab kebanyakan orang saat ini menggunakan email untuk mengirim surat atau dokumen penting. Namun untuk beberapa hal, pengiriman dokumen asli masih diperlukan. Untuk mengetahui keberadaan paket kiriman JNE, Anda bisa melakukan cek resi JNE.

Cara Pengemasan

Apabila surat yang ingin Anda kirim adalah surat berharga, maka masukanlah surat-surat berharga tersebut ke dalam plastik terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk mencegah apabila amplop luar rusak. Jadi dokumen tersebut dapat terhindar dari kerusakan ataupun terkena air. Sesuaikan ukuran amplop dengan dokumen yang akan dikirim. Jangan terlalu kecil ataupun terlalu besar.

Pastikan amplop tersebut telah tertutup rapat, untuk menghindari dokumen keluar dari amplopnya. Untuk memastikan dokumen aman di amplop tersebut, gunakanlah lem perekat, lalu di staples, atau bisa juga menggunakan lem kemudian diberi isolasi bening. Untuk mengetahui keberadaan paket kiriman JNE, Anda bisa melakukan cek resi JNE.

Asuransi Pengiriman

Dokumen berharga berbeda dengan surat biasa pada umumnya. Karena memiliki nilai yang tinggi, maka pengiriman surat berharga membutuhkan asuransi. Untuk menjamin bahwa dokumen yang Anda kirimkan sampai ke tangan penerima dengan utuh. Atau jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti rusak atau hilang, pihak ekspedisi akan memberikan ganti rugi.

Dalam hal asuransi pengiriman dokumen atau barang via ekspedisi, ada beberapa ketentuan sebagai berikut.

  1. Barang yang nilainya lebih dari Rp 1 juta
  2. Barang yang nilainya lebih besar 10 kali di bandingkan ongkos kirimnya.
  3. Dokumen-dokumen yang dianggap berharga.

Dokumen-dokumen berharga seperti BPKB, Ijazah, STNK, ataupun sertifikat lainnya tentunya wajib di berikan asuransi. Apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka Anda dapat melakukan proses klaim di kantor pusat, kantor cabang, atau agen ekspedisi tersebut. Dokumen yang perlu Anda siapkan adalah resi asli, bukti resi asuransi, mengisi surat klaim, dan faktur pembelian barang yang dikirimkan tersebut. Untuk mengetahui keberadaan paket kiriman JNE, Anda bisa melakukan cek resi JNE.