Menghindari Mabuk Kendaraan Ketika Melakukan Perjalanan

Melakukan perjalanan menggunakan transportasi darat, laut, ataupun udara adalah hal yang menyenangkan. Namun hal menyenangkan tersebut akan berubah menjadi petaka ketika kita mengalami mabuk kendaraan. hal tersebut tentu saja tak ingin dialami oleh siapa pun. Sewa bus pariwisata memang akan memudahkan kita melakukan perjalanan liburan. Namun bagi mereka yang sering mengalami mabuk kendaraan, melakukan perjalanan panjang menggunakan bus akan terasa sangat menyiksa. Untuk mengurangi risiko mabuk kendaraan, beberapa hal di bawah dapat kita lakukan untuk mengatasinya.

Perhatikan makanan

Bagi Anda yang sering mengalami mabuk kendaraan, makanan yang dikonsumsi sebelum dan saat melakukan perjalanan harus diperhatikan. Sebaiknya hindari makanan seperti gorengan, makanan pedas, atau makanan dengan aroma menyengat. Porsi makan juga sebaiknya tidak terlalu banyak karena jika terlalu kenyang akan membuat Anda mual nantinya. Mengonsumsi makanan ringan untuk mengganjal perut sepertinya juga cukup.

Posisi duduk

Orang yang mudah mabuk kendaraan biasanya akan lebih mudah pusing dan mual ketika ditempatkan di kursi dekat lorong dan tempat duduk yang dekat dengan ban. Hal tersebut dikarenakan ketika duduk di kursi dekat lorong, mereka hanya dapat memandang bagian dalam bus. Sedangkan tempat duduk di dekat roda akan merasakan guncangan lebih terasa ketika jalanan yang dilalui tidak rata. Ketika sewa bus pariwisata untuk liburan, tempatkan orang yang mudah mabuk kendaraan di kursi dekat jendela dan kursi bagian depan dekat sopir.

Mengalihkan perhatian pada hal mengasyikan

Untuk menghindari mabuk kendaraan, Anda bisa mengalihkan perhatian Anda dengan melakukan hal menyenangkan. Mengobrol dengan teman di kursi sebelah atau mendengarkan music favorit dapat menjadi pilihan untuk Anda. Atau memperhatikan pemandangan yang dilewati selama perjalanan juga termasuk hal yang mengasyikkan.

Minum obat anti mabuk kendaraan

Jika mabuk kendaraan yang Anda alami terbiang parah, jangan lupa untuk minum obat anti mabuk sebelum perjalanan dimulai. Liburan dengan sewa bus pariwisata memang menyenangkan, tapi tidak jika Anda juga tidak dapat menikmati perjalanan karena mabuk kendaraan. Oleh karena itu, selain minum obat anti mabuk, sugestikan diri Anda sendiri bahwa Anda tidak akan mabuk.