Barang Ekspor Dan Impor Di Indonesia

pelatihan-ekspor-impor-664x332

Indonesia merupakan salah satu negara yang melakukan kegiatan ekspor dan impor.  Dengan sumber daya alam yang cukup banyak dan tidak dimiliki oleh negara lainnya membuat Indonesia dan negara tetangga memiliki hubungan baik dengan melakukan kegiatan ekspor impor ini. Indonesia juga memiliki perkembangan yang cukup cepat pada ekonominya karena letak geografisnya. Barang-barang yang tidak dimiliki oleh negara lain akan diekspor oleh Indonesia. Barang-barang yang tidak dimiliki oleh negara di Indonesia akan dikirim oleh negara tetangga. Tentu saja hal ini terjadi atas perjanjian kerja sama antar dua negara.

Macam Barang Impor Ke Indonesia

Barang impor adalah barang yang didapatkan Indonesia dari negara tetangga. Barangnya pun bisa beraneka ragam sesuai dengan kebutuhan sehari-hari manusianya. Meskipun Indonesia memiliki sumber daya alam yang kaya tetapi bukan berarti Indonesia telah berhasil menyelesaikan masalah yang ada, contohnya kebutuhan masyarakat yang makin lama makin beragam bentuknya. Berikut adalah contoh beberapa barang yang diimpor ke Indonesia:

  • Garam, Gula Pasir & Gula Tebu

Garam biasanya di impor oleh negara tetangga seperti Jerman, India dan Australia. Lalu gula pasir biasanya diimpor oleh Korea Selatan, Thailand dan Malaysia. Sedangkan gula tebu diimpor oleh Brazil, Thailand dan El Salvador.

  • Jagung

Jagung juga biasanya diimpor oleh negara tetangga ke Indonesia. Yang biasanya mengimpor adalah negara Argentina, Amerika Serikat dan India.

  • Beras

Entah kenapa Indonesia memerlukan beras impor, tetapi pada kenyataan beras memang menjadi salah satu barang yang diimpor ke Indonesia. Biasanya berasal dari Thailand atau Vietnam.

  • Bawang

Bawang merupakan barang yang wajib ada di dapur untuk memasak sesuatu. Bawa yang dimaksud disini adalah bawang merah dan bawang putih. Kedua bawang tersebut biasanya diimpor oleh Filipina, India, Thailand, China dan Vietnam.

BACA JUGA: Tips Cerdas dalam Investasi Emas

Macam Barang Ekspor Dari Indonesia

Selain impor, jelas ada barang-barang ekspor yang dikirimkan oleh Indonesia untuk negara tetangga. Ekspor memiliki arti yang berlawanan dengan barang impor. Ekspos berarti Indonesia adalah yang mengirimkan barang-barang tertentu untuk negara tetangga. Berikut beberapa contoh barang ekspor:

  • Rokok

Siapa yang tidak mengetahui jika rokok merupakan salah satu penyetor dana terbesar di Indonesia? Bahkan rokok juga telah diekspor oleh Indonesia yang biasanya dikirimkan kepada Brunei Darussalam.

  • Kopi

Kopi milik Indonesia memang terkenal rasanya yang mantap. Kopi itu sendiri pun sudah menjadi salah satu barang ekspor yang dikirim ke negara Amerika Serikat, Benelux dan Jepang yang sama-sama membutuhkan kopi untuk masyarakatnya.

  • Karet

Indonesia yang memiliki banyak pohon karet menjadikan karet sebagai barang ekspor yang biasanya dikirimkan ke negara Benelux, Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan dan Hongkong.

  • Minyak Bumi

Memiliki banyak sumber daya alam, memang ciri khas Indonesia. Minyak bumi ini biasanya dikirim menuju Australia, Cina, Filipina, Malaysia, dan Singapura.